Pengelompokkan Hewan Ternak

  Ternak adalah hewan yang sengaja dipelihara oleh manusia sebagai sumber pangan,bahan baku industri atau pembantu pekerjaan manusia.
Ternak dulunya hidup di alam liar,namun sekarang telah mengalami domestifikasi sehingga sengaja dipelihara untuk memenuhi kebutuhan manusia atau dimanfaatkan oleh manusia.Sekarang banyak sekali hewan ternak yang bisa dipelihara atau dibudidayakan dengan manajemen yang berbeda sesuai dengan jenis ternak yang dipelihara atau dibudidayakan.

Berikut pengelompokan ternak dalam beberapa golongan yaitu :

Sumber : Google Image
  1. Penggolongan berdasarkan jenis makanannya,terbagi atas herbivora dan omnivora.Hewan herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan,ternak herbivora biasanya memakan hijau-hijauan seperti dedaunan,rerumputan, dan leguminosa.Contoh ternak herbivora yaitu sapi,kuda,kambing,dan lain sebaginya.Sedangakan hewan omnivora adalah hewan pemakan segala,ternak omnivora biasanya memakan campuran bahan pakan nabati dan juga hewani,misalnya berupa makanan konsentrat atau pun pakan jadi yang mengandung protein yang tinggi dan mengandung energi (tinggi energi).Contoh ternak omnivora yaitu unggas (seperti bebek,ayam,puyuh,dll),dan lain sebagainya.
  2. Penggolongan berdasarkan proses dan struktur alat pencernaannya,terbagi atas monogastrik dan poligastrik.Ternak monogastrik ialah ternak yang memiliki lambung tunggal (lambung sederhana).Contoh dari ternak mogastrik ialah ayam,bebek,kelinci,dan lain sebagainya.Ternak poligastrik ialah ternak yang memiliki lambung jamak/ganda ataupun lambung kompleks.Contoh ternak poligastrik antara lain yaitu sapi,kerbau,domba dan sebaginya.
    Sumber : Google Image
    Sumber : Google Image

  3. Penggolongan berdasarkan fungsional alat pencernaan,terbagi atas ternak no-ruminansia dan ternak ruminansia.Ternak non ruminansia adalah ternak yang proses pencernaanya tidak bisa mengembalikan makanannya dari lambung ke mulut untuk dikunyah kembali.Contoh ternak non-ruminansia yaitu ayam,bebek,kelinci,babi,dan lain sebagainya.Ternak ruminansia adalah ternak yang proses pencernaannya bisa mengembalikan makanannya dari lambung ke mulut untuk dikunyah atau dimamah kembali kemudian masuk kembali kedalam lambung,biasanya disebut dengan memamah biak.Ternak ruminansia dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu ternak ruminansia (ruminansia murni) dan pseduo ruminansia.Ternak ruminansia murni ialah ternak yang memiliki empat bagian lambung (rumen,retikulum,omasum,abomasum) yang terpisah,contohnya kerbau,sapi,domba dan lain sebagainya.Sedangkan pseudo ruminansia adalah ternak yang memiliki 3 bagian lambung,dimana rumen dan retikulum tidak memiliki batas yang jelas,Contohnya unta,rusa dan lain sebagainya.Pengelompokkan ternak ruminansia tersebut memiliki persamaan yaitu dalam proses  regurgitasi yakni pengeluaran makanan dari dalam lambung ke dalam mulut,proses fermentasi aktif terjadi didalam lambung dan kontraksi aktif dari lambun


Sumber : Google Image





Komentar

Posting Komentar

Popular Posts

Telur - Endog ( Pengertian dan Komponen Komponen Telur )

Gizi Telur - "Berbagai Nutrisi Yang tekandung Dalam TelurYang Baik Untuk Kesehatan"